8/14/09

Vicky Vendy Legenda Dari Surabaya

Salah satu legenda musik Indonesia yang lahir dan 'dibesarkan' di Surabaya selain Gombloh adalah Vicky Vendy. Dua nama ini nyaris tak terpisah, hampir di semua album Vicky Vendy pasti ada lagu Gombloh.(dan menjadi sahabat setia sampai akhir hayat, berpulang hampir bersamaan, hanya selang 2 bulanan)

Bagi Vicky, Gombloh adalah senior, guru, dan teman.   saking 'sayangnya' sama Vicky, tak jarang dalam konser Vicky . Gombloh sampai  rela menunggui di atas panggung, jadi backing vocal, dan main guitar.

Mereka dibesarkan oleh label yang sama NIRWANA RECORD, perusahaan rekaman terbesar di Jawa Timur, yang cukup Konsist (dari sini pula lahir Nama Legenda Ludruk Jawa Timuran Cak Kartolo)

Album Pertama Vicky adalah Duka Seorang Gadis yang antara lain ikut di arsiteki oleh Artur Kaunang dan Toar Tangkau.dan tentu saja Gombloh. Musisi yang terlibat sejak album pertama sampai album terakhir Vicky di antaranya adalah Pardi Artin (Guitar) tidak saja di album VIcky, hampir di semua Album Gombloh Pardi terlibat memberi roh Rock atau Blues.. terakhir sempat tercatat sebagai Gitaris Bandnya (alm) Ucok Harahap, AKA (formasi baru)

Setelah sukses album pertama tersebut, tahun 1982 Viki merilis album kedua yang bertitle Untukmu Kekasih masih ciptaan Gombloh juga sukses di pasaran. Pada tahun 1984 ia merilis Album Balada Tukang Boat, namun album ini tidak sesukses dua album terdahulu.

Pada jamannya dia termasuk idola kaum muda (terutama cewek) dan sempat merilis album Life In Concert, sayangnya di Bursa Jadul tak banyak yang muncul Album Life ini di rilis tahun 85.(Ada sih tapi tidak gratis alias di suruh beli seharga 75.000)  Menampilkan lagu-lagu hits Vicky vendy sampai saat itu seperti Duka seorang Gadis, Senyumlah Kekasih, Tangis Dalam Mimpi.(ini lagu paling saya cari tapi gak nemu-nemu)

Ada salah satu hits Vicky (juga ciptaan Gombloh) yang sempat di jadikan Jingle Iklan Rokok Djarum Super. Judulnya Gadis Baju Merah.

Bersama NIRWANA Vicky kurang lebih sempat meproduce sekitar 10 album solo, termasuk satu album berbahasa Jawa, tidak termasuk keterlibatan Vicky di proyek Jakarta, seperti proyek LCLR atau proyek album festival yang marak kala itu, ataupun album bersama Band-band nya di Jakarta.



 Sampai 1988 Nama Vicky masih cukup Berjaya, meski ada cerita ironi di akhir karirnya. Saat Gombloh meninggal, Vicky membuat Album Bertajuk SELAMAT JALAN GOMBLOH, yang malah berujung tuntutan hukum dari pihak keluarga Gombloh, entah karena shock atau karena sebab lain, tak lama kemudian Vicky Menyusul Gombloh.
Pergaulan Music Vicky cukup luas bahkan sempat membentuk band di Jakarta, namanya Jakarta Power Band. Konon Vicky sudah di skenario untuk di libatkan dalam proyek album karya terbaik Chandra Darusman, yang memuculkan hits KEKAGUMANKU. Lagu ini akhirnya di tampilkan Trio FARIS RM, UTHA LIKUMAHUA, dan MUS MUJIONO.



Link download yang berhasil di ubrek2 dari internet hanya ini (ada yang mau nambah ?)

Download - Duka Seorang Gadis (Viki Vendy)
Download - Untukmu Kekasih (Viki Vendy)
Download - Senyumlah Kekasih (Viki Vendy)
Download - Alinea Surat Kodok Tua (Viki Vendy)
Download - Mama Hatiku Hanya Dia (Viki Vendy)

sumber : Musikku345.blogspot.com , langgam.com | Pustaka Rudi Hartana

Gong Kuno

Jadul Never Ending memory